Abstract :
Ermawati. Nim: H. 1610690. Pengembangan Media Kartu Huruf pada
Pembelajaran Aksara Sunda untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor. 2020.
Media pembelajaran tidak dapat dipisahkan dalam proses pembelajaran.
Penggunaan media pembelajaran dapat membantu tercapainya tujuan
pembelajaran dan menciptakan pembelajaran yang efektif. Berdasarkan hasil
observasi penggunaan media pada materi aksara Sunda di sekolah masih kurang
sehingga berdampak pada pemahaman siswa. Terdapat 50% siswa dari 30 siswa
yang mengalami kesulitan menulis aksara Sunda dan 46,7% siswa belum dapat
membaca aksara Sunda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan
media kartu huruf yang dapat digunakan dalam pembelajaran aksara Sunda.
Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall.
Media yang telah dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh ahli media
mendapatkan nilai 4,13, ahli materi memberikan nilai 4,26, ahli pembelajaran I
memberikan nilai 4,73, dan ahli pembelajaran II memberikan nilai 4,00. Media
yang telah dinyatakan valid selanjutnya diuji cobakan pada siswa dan
mendapatkan nilai 2,64. Berdasarkan hasil uji coba media dinyatakan layak untuk
digunakan dalam pembelajaran aksara Sunda.
Kata kunci: Media Kartu Huruf, Aksara Sunda.