Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik hubungan antara
self-efficacy akademik dan trait kepribadian The Big Five (Extraversion,
Agreeableness, Conscientiousness, Neuroticism dan Openness) dengan
prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Sejumlah 150 mahasiswa S1
Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, yang
terdiri dari 76 mahasiswa tahun kedua dan 74 mahasiswa tahun ketiga
berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
self-efficacy akademik dan trait kepribadian The Big Five memprediksi
prokrastinasi akademik secara signifikan (R=0,821; F=49,434; p<0,01).
Analisis korelasi mengungkap bahwa self-efficacy akademik, trait
kepribadian Extraversion, Conscientiousness dan Neuroticism menjadi
prediktor dari tendensi prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Trait
kepribadian Neuroticism dan Extraversion mempunyai hubungan positif
yang signifikan, sedangkan trait kepribadian Conscientiousness dan selfefficacy
akademik memperlihatkan hubungan negatif yang signifikan.
Selanjutnya, hipotesis mengenai hubungan antara trait kepribadian lain
(Agreeableness dan Openness) dengan prokrastinasi akademik ditolak.
Trait kepribadian Agreeableness ditemukan memiliki hubungan yang
positif (rx3y=0,173; p=035<0,05), sementara itu, tidak ditemukan hubungan
antara Openness dengan prokrastinasi akademik. Implikasi dari selfefficacy
akademik dan trait kepribadian The Big Five dalam memprediksi
prokrastinasi akademik pada mahasiswa didiskusikan.