Abstract :
Eceran (retalining) meliputi semua kegiatan yang dilibatkan dalam
penjualan atau layanan secara langsung kepada konsumen akhir yang membeli
untuk kebutuhan pribadi dan tidak untuk dibisniskan. Pengecer adalah setiap
organisasi bisnis yang sumber utama penjualannya berasal dari eceran (Philip
Kotler, 1997). Karena Indomaret Kapling berdekatan dengan pasar tradisional
Kapling. Dimana konsumen dari pasar tradisional juga termasuk konsumen di
Indomaret. Antara Indomaret Kapling dengan pasar Kapling mempunyai
persamaan yaitu menyediakan kebutuhan konsumen akan convience goods.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang
mempengaruhi konsumen berbelanja di Indomaret, dan mengetahui faktor yang
dominan mempengaruhi konsumen berbelanja di Indomaret.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan analisis faktor didapatkan
empat faktor yang mempengaruhi konsumen berbelanja di Indomaret, yaitu:
Faktor Promosi, Faktor Pelayanan, Faktor Parkir dan Faktor Lokasi. Dan faktor
yang paling dominant adalah faktor promosi.