Abstract :
Bisnis makanan di Semarang saat ini sedang berkembang yang ditandai
dengan banyaknya resto dan kafe baru yang berdiri. Salah satu jenis bisnis
makanan yang sedang booming adalah dessert and ice cream. Persaingan yang
saat ini semakin ketat membuat Es Krim Florian yang bercita rasa klasik harus
bertahan dari para pesaing langsungnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini
adalah untuk menganalisis perumusan Blue Ocean Strategy yang dapat diterapkan
pada Es Krim Florian.
Teknik analisis yang akan digunakan adalah metode Blue Ocean Strategy.
Populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang pemilik Es Krim Florian, 15 orang
karyawan dan jumlah konsumen tidak diketahui secara pasti. Sedangkan
penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu pemilihan sampel
berjumlah 15 orang yaitu 1 orang pemilik Es Krim Florian, 2 orang karyawan
yang telah bekerja lebih dari 5 tahun yaitu 1 orang karyawan bagian waiter dan 1
orang karyawan bagian kitchen dan 10 orang konsumen yang sudah melakukan
pembelian es krim Florian minimal tiga kali.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dirumuskan kesimpulan
perumusan Blue Ocean Strategy pada Toko Es Krim Florian adalah dengan
membuka salon potong rambut anak dan fasilitas bermain anak yang akan
ditempatkan di lantai 2 dan 3 Es Krim Florian. Salon potong rambut anak dipilih
sebagai salah satu strategi karena melihat peluang saat ini masih belum banyak
salon di Semarang yang memberikan pelayanan khusus bagi anak. Sedangkan
fasilitas bermain anak dipilih sebagai strategi karena saat ini dengan
meningkatnya kebutuhan banyak keluarga muda yang memiliki anak dengan
suami dan istri bekerja sehingga memiliki kesulitan dalam hal melakukan
pengawasan sehari-hari.