Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
MARIA IMELDA BII PADHA, 175000014
Subject
L Education (General)
Datestamp
2022-10-13 08:17:17
Abstract :
Padha, Bii, Imelda, Maria, 2021. Pengaruh Penggunaan Teknik
Self- Management Dalam Konseling Kelompok Melalui
Google Meet Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa
Dalam Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Di
SMA Dr. Soetomo Surabaya. Skripsi. Program Studi
Bimbingan dan Konseling. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing Drs. H. Sutijono, M.M. dan
Bapak Dimas Ardika M.S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Self-management, Konseling Kelompok, Prokrastinasi
Akademik Siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Penggunaan
Teknik Self- Management Dalam Konseling Kelompok Melalui
Google Meet Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Dalam
Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Siswa Kelas XI
IPS-I Di SMA Dr. Soetomo Surabaya.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian praeksperimental dengan rancangan One Group Pretest Postest
Design pada populasi 31 siswa kelas XI IPS-I di
SMA Dr. Soetomo Surabaya. Penetian melibatkan 5 orang siswa
kelas XI IPS-I di SMA Dr. Soetomo Surabaya sebagai sampel
penelitian yang diambil secara Purposive Sampling.
Metode pengumpulan data menggunakan skala pengukuran
yang telah dilakukan uji validitas butir dan uji reliabilitas alpha
cronbach seebesar 0,712. Hasil uji validitas butir skala pengukur
prokrastinasi akademik siswa kelas XI IPS-I di SMA Dr.
Soetomo Surabaya antara 0,090-0,729. Data penelitian dianalisis
menggunakan bantuan SPSS for Windows versi 26.0 dengan
analisis data statistika parametric yang menggunakan teknik UjiT Independet atau f= 0,875 pada taraf signifikansi 0,431 yang
artinya signifikansi.
Jadi hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
penggunaan teknik self-management dalam konseling kelompok
melalui Google Meet memiliki pengaruh yang signifikan
mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas XI IPS-I di
SMA Dr. Soetomo Surabaya.