Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Dhea Oktavia Rigma Wardani, 175000006
Subject
L Education (General)
Datestamp
2022-10-14 07:24:22
Abstract :
Oktavia, Dhea. 2020. Motivasi Belajar siswa Pada Pembelajaran
Daring Siswa Kelas VIII-i SMPN 1 TAMAN Sidoarjo Tahun
Ajaran 2020/2021. Skripsi. Program studi Bimbingan dan
Konseling. Fakultas pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Pembimbing :Tamsil Muis, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : Peran guru bimbingan dan konseling, Motivasi Belajar.
Seringkali kita temukan berbagai permasalah di dunia
pendidikan. Berbagai masalah tersebut yang nantinya akan
menghambat tercapainya tujuan pendidikan. Adapun berbagai
permasalahan yang sering terjadi di sekolah seperti Pembelajaran
Daring Di era pandemi seperti ini yang tidak memungkin kan belajar
secara langsung atau luring. Permasalahan ini memang tidak dapat
dihindari walaupun dengan menggunakan strategi tertentu. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru
bimbingan dan konseling dalam pembelajaran siswa secara Daring
dan pengawasan terhadap orangtua saat anak nya melakukan
pembelajaran secara daring dari rumah. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif. Populaasi dalam penelitian ini terdiri
dari 64 subjek. Sedangkan sampel penelitian terdiri dari 4 guru
bimbingan dan konseling dan 30 siswa dan 30 Orangtua Siswa.
metode penilitan ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode
penelitian menggunakan angket dan wawancara. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana untuk
mengetahui adanya hubungan antara kedua variabel berdasarkan
nilai r (koefisien korelasi).
Hasil penelitian yang diperoleh adalah peran guru bimbingan
dan konseling terbukti telah mampu mengurangi Motivasi belajar
siswa kelas VIII-i di SMPN 1 Taman Sidoarjo, dengan perolehan uji
korelasi sederhana 0,980. Adapun peran guru bimbingan dan
konseling dalam Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Taman Sidoarjo
yaitu guru bimbingan dan konseling selaku wali kelas VIII-i dan
Orangtua untuk mengetahui apa penyebab gendala-gendala siswa
saat melakukan pembelajaran secara Daring tersebut, kemudian guru
bimbingan dan konseling memberikan arahan atau pengetahuan dan
wawasan kepada siswa tentang manfaat pembelajaran secara Daring.