Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Vina Maylan Sari, 175500074
Subject
L Education (General)
Datestamp
2022-10-28 06:12:09
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) efektif tidaknya pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi google clasroom; 3) aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi google clasroom; 4) respon siswa dalam pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi google clasroom; 5) hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika berbasis daring menggunakan aplikasi google clasroom.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPON 1 sukodono tahun ajaran 2020/2021. Sample diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VII-D yang terdiri atas 33 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi tes, observasi, dan kuesioner.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah : 1) pembelajaran matematika menggunakan aplikasi google clasroom efektif; 2) kemampuan guru mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori baik dengan perolehan skor akhir sebesar 3,8; 3) aktifitas siswa pada pembelajaran matematika menggunakan aplikasi google clasroom termasuk dalam kategori sangat aktif dengan jumlah persentase aktifitas siswa yang relevan sebesar 92,71%; 4) respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan aplikasi google clasroom baik dan termasuk dalam kategori tinggi dengan presentasi sebesar 76%; 5) hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan aplikasi google clasroom berada pada kriteria sfektifitas sangat tinggi dengan presentase sebesar 79% dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 94% dan yang tidak tuntas sebesar 6%.
Kata kunci : efektivitas, aplikasi google clasroom, pembelajaran matematika.