Abstract :
Veronika Fiani Badi, 2021. Pengaruh Bermain Puzzle Huruf
Terhadap Perkembangan Bahasa anak Usia 5-6
Tahun di TK Permata Hati.Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Fakultas
Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing:
Aisyah,S.Psi.,M.Pd
Kata Kunci: MediaPuzzle Huruf , Perkembangan Bahasa.
Penelitian membahasa tentang perkembangan bahasa
anak dengan menggunakan media puzzle huruf. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh
bermain puzzle huruf terhadap perkembangan bahasa anak
usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk
mengetahui pengaruh bermain puzzle huruf terhadap
perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Permata
Hati Buduran Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif one group pre-test dan post-test design. Subjek
penelitian adalah seluruh siswa TK B Permata Hati
Buduran Sidoarjo yang berjumlah 25 anak. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk
menguji hipotesis penelitian ini adalah t-hitung
Berdasarkan hasil analisis ditetapkan bahwa nilai uji
thitung (13,91) lebih besar dari ttabel (1.697) dengan taraf
signifikansi 0.05% dan 0.01%. karena nilai ttable lebih besar
dari pada nilai thitung maka Hipotesis Nol (HO) diterima,
sehingga Hipotesis Kerja (H1) ditolak. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional boy-boyan
tidak berpengaruh terhadap kemampuan gerak manipulatif
anak.