Abstract :
Lyvia Kusuma Wardhani, 2021 ?Perkembangan Kecerdasan
Intrapersonal Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar
Belakang Pendidikan Orangtua? Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Adi
Buana Surabaya. Dosen Pembimbing Aisyah, S.Psi, M.Pd
Kata Kunci: Kecerdasan Intrapersonal, latar belakang pendidikan
orang tua
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan
kecerdasan intrapersonal anak yang ditinjau dari latar belakang
pendidikan orang tua.Semakin tinggi pendidikan yang dimiliki oleh
orang tua maka akan semakin memperluas dan melengkapi pola
berpikirnya dalam mendidik anak. Akan tetapi faktanya masih
terdapat 3 anak yang tercatat sebagai peserta didik kelompok B TK
Bhudi Darma Hutama Surabaya yang masih memiliki kecerdasan
intrapersonal yang belum berkembang, yakni rasa percaya diri,
kemandirian yang masih belum berkembang optimal.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengn teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara
serta dokumentasi. Penemuan subjek dilakukan dengan purposive
sampling, yakni mendasarkan kreteria sebagai berikut, anak kelompok
B usia 5-6 tahun yang diasuh atau tinggal bersama orangtua yang
memiliki jengjang pendidikan Diploma (D2). Dan anak kelompok B
5-6 tahun yang diasuh oleh seorang Ibu yang memiliki jenjang
pendidikan Sekolah Dasar (SD).
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa,
kecerdasan intrapersonal anak yang diasuh oleh ibu yang memiliki
jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), yang lebih mampu
mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak.