Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh sertifikasi guru
terhadap keterampilan mengajar guru SMA HANG TUAH 4 Surabaya.
Variabel Independen pada penelitian ini adalah Sertifikasi Guru, Variabel
Dependen adalah Keterampilan Mengajar Guru. Pendekatan yang
digunakan pada penelitian ini adalah Pendekatan Kuantitatif dengan jenis
penelitian uji normalitas data yang berupa uiji Kolmogorov smirnov dan
One-Sample Test. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas
HANG TUAH 4 Surabaya.
Populasi pada penelitian ini adalah 29 guru dan 468 peserta didik
secara keseluruhan yang ada di SMA HANG TUAH 4 Surabaya.
Pengambilan sampel guru bersertifikat yang berjumlah 2 guru dilakukan
dengan metode wawancara dan penyebaran angket kepada peserta didik
yang berjumlah 68 responden dilakukan dengan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sertifikasi guru memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terahadap keterampilan mengajar guru
yang baik dan keterampilan mengajar guru dalam proses pembelajaran di
kelas yang baik (t statistic= 0,204, nilai p= 0,000). Dengan demikian,
Pelaksanaan sertifikasi memberikan pengaruh besar terhadap kompetensi
guru, keterampilan mengajar guru, terutama dalam pembuatan RPP,
persiapan media pembelajaran. Hal tersebut membawa dampak yang
signifikan terhadap guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar
disekolah.
Kata Kunci: Sertifikasi Guru, Keterampilan Mengajar Guru