Abstract :
Agung, Adrianus. 2015. Pengaruh Metode Curah Pendapat pada
Pembelajaran PPKn Terhadap Sikap Demokratis Siswa Kelas VIII
SMP Negeri 2 Krian. Skripsi. Program Studi Guruan Pancasila dan
Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Guruan.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing I: Drs. H.
Atnuri. SH., M.Pd dan Pembimbing II: Dra Bernadeta Budilestari.
M. Si.
Kata Kunci: Metode Curah Pendapat, Sikap Demokratis
Penelitian ini dilatarbelakangai oleh kenyataan bahwa proses
pembelajaran cenderung berpusat pada guru (teacher centred). Sekarang ini
masih banyak guru yang berpandangan bahwa guru menganggap dalam
proses pembelajaran itu adalah kegiatan mentransfer ilmu dari guru ke
peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
metode curah pendapat pada pembelajaran PPKn terhadap sikap demokratis
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Krian?. Tujuannya adalah Untuk
mengetahui penerapan metode curah pendapat pada pembelajaran PPKn
terhadap sikap demokratis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Krian. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Instrumen
yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar angket. Teknik analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah persentase, uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji t.
Berdasarkan analisis uji normalitas, kelas eksperimen memperoleh
analisis sig. 0,150>0,05 yang artinya berdistribusi normal sedangkan
kontrol memperoleh sig. 0,200>0,5 yang artinya normalitas normal. Dalam
uji homogenitas kedua kelas tersebut memperoleh nilai 0,0768>0,05 yang
artinya kedua kelas tersebut homogen. Sedangkan hasil nilai uji-t
menunjukan bahwa nilai thitung 0,2786 dan table 0,2786 sehingga thitung<
tabel maka diperoleh nilai sig 0,768 dimana nilai sig.<0,05 yang
menyatakan Ho ditolak yang artinya Ada Pengaruh Metode Curah Pendapat
Pada Pembelajaran Ppkn Terhadap Sikap Demokratis Siawa Kelas VIII
SMP Negeri 2 Krian.