DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SENILAI SISWA KELAS IV SD NEGERI NGAGEL REJO 1
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
MAULIDYA, RIDHANA WAHYU
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 03:07:14 
Abstract :
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization), hasil belajar matematika materi pecahan senilai Dalam proses pembelajaran perlu adanya model pembelajaran yang bervariasi dan menarik bagi siswa, sehingga siswa tertarik dan tidak merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dimaksut yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Indivisualization). Rumusan masalah pada penelitian ini ?adakah pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Senilai Siswa Kelas IV SD Negeri Ngagel Rejo 1?. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode quasi eksperimen design dan rancangan penelitian yaitu design yang berbentuk pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Ngagel Rejo 1. Sampel diambil simple random sampling, sehingga didapatkan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu tes pretest dan posttest berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji-z. Hasil penelitian memperoleh nilai -0,872 dan 1,645 dengan kriteria pengujian ditolak jika < hal ini menunjukkan penelitian berlangsung baik sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar matematika materi pecahan senilai siswa kelas IV SD Negeri Ngagel Rejo 1. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya