Abstract :
Sumarti, Dorotea. 2019. Pengaruh Penggunaan Strategi
Restrukturing Kognitif Dalam Konseling
Kelompok Terhadap Penyesuaian diri Kelas VIII D SMP
Negeri 2 Surabaya, Tahun Ajaran 2018/2019.
Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pgri
Adibuana Surabaya. Pembimbing: Dra. Kusbandiami,
M.Pd., S. Psi
Kata kunci : Strategi Restructuring Kognitif, Konseling
Kelompok, Penyesuaian Diri
Penyesuaian diri siswa merupakan suatu proses interaksi antara
individu dengan orang lain atau teman sebaya dan dengan
lingkungan sekitarnya yang terus berlansung sebagai proses
adaptasi, konformitas, variasi individual, dan penyesuaian diri
sebagai ketuntasan dalam kehidupan indivdu. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui signifikan pengaruh penggunaan
strategi restructuring kognitif dalam konseling kelompok terhadap
penyesuaian diri siswa kelas VII D SMPN Negeri 2 Surabaya.
Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimental One
Group Pretest dan Posttest Design. Populasi yang diambil adalah
para siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Surabaya yang berjumlah
37 siswa. Dari populasi ini diambil 5 siswa dengan menggunakan
menggunakan Purposive Sampling. Pemilihan sampel ini dipilih
berdasarkan hasil skor penyesuaian diri, dengan menggunakan
metode dengan mengumpulkan data dengan menggunakan angket
penyesuaian diri siswa.
Teknik analisis data statistic nonparametric dengan
menggunaka uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukan
peningkatan skor penyesuaian diri dari sebelum mendapatkan
layanan konseling kelompok dengan strategi restrukturing kognitif
(pretest) dengan sesudah mendapatkan layanan konseling