Abstract :
Putri, Bregita Wulan. 2019. Efektivitas Strategi Restrukturing
Kognitif Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan
Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII di Pondok Pesantren AlAmanah. Progran Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing: Drs. H. Sutijono, M.M.
Kata Kunci: Penyesuaian diri, Restrukturing kognitif, Konseling
Kelompok
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikasi
pengaruh strategi restrukturing kognitif ddalam konseling kelompok
untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VII di pondok
pesantren Al-Amanah.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
one group pre-test post-test desaign, diberikan kepada 5 orang siswa
kelas VII yang mendapatkan skor penyesuaian diri siswa di pondok
pesantren. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode skala pengukuran untuk mengukur
penyesuaian diri siswa di pondok pesantren.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis non-parametrik menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis
data diperoleh jumlah Asymp.Sig (2-tailled) sebesar 0,041. Karena
nilai 0,041 lebih besar dari 0,05, dapat disimpulkan bahwa H0
ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada pengaruh strategi
restrukturisasi kognitif dalam konseling kelompok yang dapat secara
signifikan meningkatkan penyesuaian siswa kelas VII di Pondok
Pesantren Al-Amanah.