Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
SUGIYANTO, NATALIA CHRISTINA
Subject
L Education (General)
Datestamp
2022-11-11 06:45:17
Abstract :
Christina, Natalia. 2021 Pengaruh Media Flashcard Terhadap
Kemampuan Membaca Permulaan Di Kelas A TK Karunia
Surabaya Tahun Ajaran 2020- 2021. Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Kependidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Drs. A. Fachrurrazi, M.Pd (2) Titah Kinasih,
S.S., S.Pd., M.Si.
Kata Kunci : Media Flashcard, Membaca Permulaan,
Anak Usia Dini.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif
yaitu mengenal media Flashcard pada anak usia 4-5 tahun yang
masih rendah. Masih rendahnya kemampuan anak dalam
mengenal kemampuan membaca permulaan ini disebabkan
kurangnya pemanfaatan media dalam proses pembelajaran.
Guru sebatas menggunakan LKA (Lembar Kerja Anak)
sehingga kurang menarik minat dan perhatian anak terhadap
materi yang diberikan oleh guru. Tujuan yang ingin dicapai pada
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media Flascard
terhadap kemampuan kognitif mengenal kemapuan membaca
permulaan anak usia 4-5 tahun di TK Karunia Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
menggunakan pre eksperimen dengan menggunakan one grup
pretest-postest design. Subjek penelitian merupakan anak
kelompok A di TK Karunia Surabaya dengan jumlah 15 anak.
Metode pengumpulan data yang digunakan merupakan
observasi serta dokumentasi. Menggunakan metode analisis
statistik dengan rumusan yang digunakan merupakan Test yang
sesuai dengan judul penelitian yaitu Pengaruh Media Flashcard
Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Di Kelas A Tk
Karunia Surabaya. Digunakan pre-test dan post-test one group
design maka dengan uji t.
Hasil perhitugan menggunakan rumus uji t menunjukkan
bahwa t hitung (thit) 14,06 dan t tabel 1.76131 untuk taraf
signifikan 0,05 taraf signifikansi 0,05, dan 2.62449 untuk taraf
signifikansi 0,01. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai
t-hitung > t- tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara media Flascard
terhadap kemampuan mengenal bentuk kartu gambar kelompok
A anak usia 4-5 tahun di TK Karunia Surabaya.