Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
SEPTI ANAITULLOH, 175000015
Subject
L Education (General)
Datestamp
2022-10-07 08:36:09
Abstract :
Anaitulloh, Septi. 2021. Pengaruh Play Therapy Dengan Permainan
Tradisional ?Bentengan? Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap
Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Saat Pandemi Covid-19 Di
SMP Islam Al Amal Surabaya. Jurusan Bimbingan dan Konseling
Fakultas Pedagogik dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing I: Drs. H. Sutijono,
M.M. dan Pembimbing II: Dimas Andika, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Play Therapy, Bimbingan Kelompok, Interaksi Sosial
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh play therapy
dengan permainan tradisional ?Bentengan? dalam bimbingan
kelompok terhadap kemampuan interaksi sosial siswa saat pandemi
Covid-19 di SMP Islam Al Amal Surabaya.
Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini
menggunakan rancangan Pra-Eksperimen One Grup Pre-Test dan
Post-Test Design. Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu
kemampuan interaksi sosial siswa saat pandemi Covid-19 dan variabel
bebas yaitu play therapy dengan permainan tradisional ?Bentengan?
dalam bimbingan kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas 83 SMP Islam Al Amal Surabaya yang berjumlah 25 siswa, dari
populasi itu diambil sampek penelitian 8 siswa dengan menggunakan
purposive sampling.
Penelitian yang dilakukan menggunakan teknik yang sesuai
dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui signifikansi pengaruh
play therapy dengan permainan tradisional ?Bentengan? dalam
bimbingan kelompok terhadap kemampuan interaksi sosial siswa saat
pandemi Covid-19 di SMP Islam Al Amal Surabaya. Oleh karena itu
peneliti menggunakan play therapy dengan menggunakan permaianan
tradisional ?Bentengan? dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata
skor interaksi sosial siswa kelas 83 SMP Islam Al Amal Surabaya dari
nilai mean pre-test 66,63 menjadi nilai mean post-test 92,00. Sehingga,
membuktikan bahwa penggunaan play therapy dengan permainan
tradisional ?Bentengan? dalam bimbingan kelompok ada pengaruh
untuk meningkatkan interaksi sosial siswa.