Abstract :
Gultom, Rohani. 2020. Peran Guru Bimbingan Dan Konseling
Dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas X IPS 2 Di
SMA Hang Tuah 4 Surabaya Tahun Ajaran 2020/2021. Skipsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi
dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Dr. Tamsil Muis, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Peran guru bimbingan dan konseling, perilaku bullying.
Setiap remaja memiliki kemampuan untuk dapat mencapai
kematangan kepribadian agar dapat menghadapi tantangantantangan yang dialami oleh remaja tersebut secara kuat, baik ketika
berada dilingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Di
lingkungan sekolah masih seringkali ditemukan berbagai macam
perilaku siswa, seperti perilaku yang baik atau perilaku yang kurang
baik. contoh perilaku yang kurang baik yaitu, Perilaku bullying
sering terjadi pada usia anak-anak, dan perilaku tersebut sering
ditemui di lingkungan sekolah. perilaku bullying dapat menyinggung
atau menyakiti perasaan seseorang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru
bimbingan dan konseling dalam mencegah perilaku bullying siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini terdiri dari 139 subjek. Sedangkan sampel
penelitian terdiri dari 29 siswa. Metode penelitian menggunakan
angket dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis Uji F.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah peran guru bimbingan
dan konseling terbukti telah mampu mencegah perilaku bullying
siswa kelas X IPS 2 di SMA Hang Tuah 4 Surabaya, dengan
perolehan uji F 0,002 < 0,05. Adapun peran guru bimbingan dan
konseling dalam mencegah perilaku bullying di SMA Hang Tuah 4
Surabaya yaitu guru bimbingan dan konseling memberikan
memberikan program bimbingan dan konseling yang dilaksanakan
disekolah adalah dengan memberikan, bimbingan klasikal, konseling
individual, konseling kelompok dan layananan informasi.