Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Dhea Kurniawati, 145000068
Subject
L Education (General)
Datestamp
2022-10-11 07:57:30
Abstract :
Kurniawati, Dhea. 2021. Efektifitas Strategi Self Managemnet dalam
Konseling Kelompok terhadap Disiplin Belajar Siswa
SMA Maarif NU Benjeng.Program Studi Bimbingan
Dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1)
Dr. Mudhar., S.Psi., M.Psi.
Kata kunci : Disiplin Belajar siswa, Konseling Kelompok strategi
Self Management
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kesidiplinan belajar yang
merupakan persoalan terpenting dalam proses pembelajaran. Tanpa
disiplin belajar siswa kurang dalam mengatur prilakunya sendiri.
Permasalahan yang terjadi di SMA Maarif NU Benjeng, khususnya
kelas XI adalah disiplin belajar yang rendah. Perilaku kurangnya
disiplin belajar ditandai seperti tidak mengisi absensi secara online,
terlambat mengumpulkan tugas, acuh terhadap materi, mengobrol
saat pembelajaran daring berlangsung, malas mencatat. Tujuan yang
ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui efektifitas
penerapan konseling kelompok strategi self manajement dalam
mengatasi displin belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian pre eksperimen dengan mengunakan one group
pretest-posttest design. subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas
XI SMA Maarif NU Benjeng dengan jumlah 40 siswa. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan
menggunakan alat penilaian berupa lembar questioner disiplin
belajar siswa. Mengunakan metode analisis statistic dengan rumusan
yang digunkaan adalah T-tes yang sesuai dengan judul penelitian
yaitu efektifitas strategi self management dalam konseling kelompok
terhadap disiplin belajar siswa SMA Maarif NU Benjeng.
vi
Berdasarkan hasil paired sampel test menggunkan aplikasi SPSS
versi 28 hasil penelitian menunjukkan bahwa T hitung (-6,957) < T
tabel (1,943), maka Ho di tolak dan Ha diterima. Dengan nilai P(2-
tailed) <0,001 yg berarti lebih kecil dari pada nilai kritik 0,05 (0,001
<0,05), maka dinyatakan ada hubungan yang signifikan. berarti dapat
disimpulkan bahwa layanan konseling
kelompok dengan strategi self management efektif untuk
meningkatkan disiplin belajar siswa SMA Maarif NU Benjeng