Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
MAULIDIYAH, SYAFA’ATUL
Subject
BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Datestamp
2022-11-11 04:40:23
Abstract :
Maulidiyah, Syafa?atul. 2021. Strategi Pembelajaran Nilai-nilai
Agama Islam pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK
Muslimat NU 93 Al-Ikhwan Kemudi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
Fakultas Pedagogik dan Psikologi. Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. A.
Fachrurrazi, M.Pd. pembimbing (2) Titah Kinasih,
S.S., S.Pd., M.Si.
Kata Kunci : strategi pembelajaran, nilai-nilai agama islam, anak
usia diini
Anak usia 4-5 berada ditahap The Fairy Tale Stage, yaitu
anak memahami nilai keagamaan dengan konsep fantasi yang
dipenuhi dengan dongeng dan emosi mereka. TK Muslimat NU 93
Al-Ikhwan merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang
memperhatikan dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada
anak didiknya. Aspek-aspek perkembangan agama nilai agama Islam
pada anak berkembang dengan baik. Guru memberikan pembelajaran
dengan menggunakan strategi-strategi untuk mencapai suatu tujuan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pelaksanaa
strategi pembelajaran nilai-nilai agama Islam dan faktor-faktor yang
mempengaruhinya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif,
yaitu pengumpulan datanya dilakukan dengan tekhnik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diukur menggunakan
tekhnik trianggulasi metode dan sumber. Analisis data dilakukan
secara interaktif dan terus menerus sehingga datanyajenuh, yaitu
sesuai dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan juga
penarikan kesimpulan.