Institusion
Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin
Author
Putra, I Putu Eko Sentana
Hairul, Hairul
Lamsah, Lamsah
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2019-11-09 07:04:49
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana tanggapan pelanggan
terhadap pelayanan prima yang telah dijalankan Bengkel Bubut Ketut Batulicin
selama April-Mei 2019, bagaimana kualitas pelayanan prima, bagaimana loyalitas
pelanggan yang telah diraih, bagaimana hubungan pelayanan prima terhadap
peningkatan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan desain penelitian survey. Teknik penarikan sampel yang digunakan ialah
systematic random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tanggapan pelanggan terhadap
kualitas barang baik, (2) tanggapan pelanggan terhadap pelayanan prima yang
dilaksanakan Bengkel Bubut Ketut Batulicin baik, (3) pelanggan memiliki loyalitas
yang cukup tinggi terhadap Bengkel Bubut Ketut Batulicin, (4) terdapat hubungan
yang cukup kuat dari pelayanan prima yang dilaksanakan Bengkel Bubut Ketut
terhadap terbentuknya loyalitas pelanggan. Hasil penelitian juga menyarankan agar
Bengkel Bubut Ketut Batulicin lebih cepat dalam memberikan pelayanan terhadap
pelanggan.