Abstract :
Penelitian ini di dasari oleh untuk mengkaji penerapan metode demonstrasi
untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA sekolah
dasar. Bertujuan untuk dapat mengetahui dan dapat meningkatkan aktivitas siswa
dalam belajar pembelajaran IPA di sekolah dasar dengan menggunakan metode
demonstrasi. Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar
masih sangat rendah yaitu aktivitas mental, fisik dan emosional. Diketahui bahwa
aktivitas siswa ini siswa masih banyak yang kurang aktif dalam bertanya kepada
guru karena mereka malu untuk bertanya, siswa hanya duduk diam saja dibangku,
siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, dan siswa hanya diperintahkan untuk
mengerjakan soal-soal latihan saja tidak ada interaksi antara siswa dengan siswa
lainnya dan siswa tidak percaya diri dalam berbicara didepan kelas.
Penelitian yang digunakan adalah Metode Peninjauan Sistematis
Literature Review. Systematic literature review (SLR) atau tinjauan pustaka
sistematis adalah metode literature review yang mengidentifikasi, menilai, dan
menginterprestasi seluruh temuan-temuan pada suatu topik penelitian. Metode
penelitian yang digunakan adalah Sistematis Literature Review dari 8 jurnal pada
tahun 2012-2022 siswa sekolah dasar.
Penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitabelajar siswa
dapat disimpulkan dari beberapa jurnal yang telah dianalisis atau di review dalam
pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa yaitu metode demonstrasi
dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan cocok digunakan dalam
pembelajaran IPA dan membawa dampak yang positif bagi semua siswa nilai
yang dimiliki siswa semua rata-rata bagus. Melalui metode ini dapat perubahan
tingkah laku bagi semua siswa dan pembelajaran dapat dipahami dan dimengerti.
Rekomendasi dari saya yaitu membuat kelompok dengan tidak ditunjuk atau
memilih sendiri teman kelompoknya tetapi saya buatkan sendiri dengan
menggunakan kertas yang ditulis dan dilipat yang sesuai dengan materi yang
dipelajari yaitu misalkan materinya binatang-binatang lalu siswa mengambil
kertas tersebut dan apa yang didapatkan itu berarti kelompok belajar mereka.