Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui cara optimalisasi Pondok Pesantren
Modern Daarussalam Koposari Cileungsi dalam meningkatkan kemampuan Bahasa
Arab kepada santri. Penelitian ini dilakukan melalui teknik analisis dari data yang
telah peneliti dapatkan selama melakukan kegiatan penelitian. Peneliti berupaya
menjelaskan juga memaparkan secara rasional, objektif dengan tujuan dan masalah
penelitian yang ada. Metode yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah
dengan pendekantan kualitatif, yaitu penelitian yang dihasilkan dari data deksripsi
berupa penjelasan tertulis maupun lisan dari subjek yang diamati. Data dalam
penelitian ini adalah data yang berwujud wawancara, observasi, studi dokumentasi.
Dari data yang telah didapati tersebut kemudian diproses melalui pencatatan,
pengetikan, penyuntingan data, dan analisis dengan menggunakan kata-kata yang
disusun ke dalam teks yang diperluas. Berdasarkan data yang berhasil peneliti
kumpulkan, bahwa Pondok Pesantren Modern Daarussalam Koposari Cileungsi ini
berdiri sebagai pondok pesantren modern pada pertengahan tahun 2015. Bagian
bahasa pondok di koordinatori oleh Ustadz dan Ustadzah sebagai pemandu
penerapan, pengawasan, kedisiplinan santri dalam menjalani program bahasa.
Adapun koordinator tersebut berada di bahwah tanggung jawab Qismutta?lim
Watarbiyah pondok pesantren. Cara pengoptimalisasi pondok pesantren ini dalam
meningkatkan kemampuan Bahasa Arab santri yakni dengan program yang
berjangka, seperti adanya program harian, mingguan, bulanan juga tahunan.
Kegiatan dalam program tersebut seperti; 1)Memberikan kosakata Bahasa Arab
kepada santri di setiap jadwal yang sudah ditentukan oleh Qismuta?lim Watarbiyah,
2)Mengontrol pembelajaran Mufrodat, Muhadatsah, Muhadhoroh dan les sore,
3)Memberi bimbingan dalam berpidato Bahasa, 4)Memastikan santri beribicara
Bahasa Arab di lingkungan Pondok, 5)Mengadakan ishlah atau membenarkan
santri jika ada salah pengucapan kosakata Bahasa Arab, 6)Mengecek kutaib bahasa
santri ketika pembagian mufrodat,7)Memberi penghargaan kepada santri yang
menjadi teladan dalam berbahasa, 8)Memberikan sanksi kepada santri yang
melanggar peraturan program bahasa sesuai point yang dilanggarnya.Upaya lain
yang disesiakan oleh bagian bahasa pondok dalam meningkatkan kemampuan
berbicara Bahasa Arab santri ialah menyediakan papan kosa kata di sesuai benda
atau ruangan sebagai pendukung bagi santri untuk mengingat kosakata.