Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang
kurang bervariasi, serta rendahnya hasil belajar IPA siswa sekolah dasar sehingga
pembelajaran kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan
mengetahui gambaran dari penggunaan model pembelajaran Example Non
Example terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian Systematic Literature Review (SLR). Penelitian dilakukan dengan cara
mengumpulkan data jurnal penelitian atau artikel ilmiah yang berkaitan dengan
penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar
IPA siswa sekolah dasar. Jurnal yang digunakan dalam penelitian ini memiliki
kriteria, yaitu 8 tahun terakhir dari tahun 2014-2022.
Berdasarkan hasil kajian literatur yang sudah dilakukan, penggunaan model
pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah
dasar sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Pada bahan
kajiannya dilihat dari metodologi penelitian, penerapan kelas bawah dan kelas
atas, dan penerapan model Example Non Example berbantuan media dan tidak
berbantuan media. Model pembelajaran Example Non Example baik yang
berbantuan media maupun tidak berbantuan media sama-sama dapat memberikan
pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dari hasil
penelitian terdahulu yang menunjukkan rata-rata hasil belajar IPA meningkat dari
siklus I ke siklus II maupun pretest dan postest. Indikator ranah kognitif tercapai
dalam penerapan model pembelajaran Example Non Example.