DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN CINTA TANAH AIR DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEMS BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SDN KEBONSARI 01 DEMPET
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Nugroho, Bagus Setio
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-02-13 03:43:50 
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan cinta tanah air dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran Open Ended Problems berbantuan media AudioVisual dikelas V SDN Kebonsari 01 Dempet. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kebonsari 01 Dempet yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dapat melalui teknik tes dan teknik non-tes. Adanya peningkatan cinta tanah air dan prestasi belajar siswa setiap siklusnya. Pada siklus pertama cinta tanah air siswa mendapatkan presentase 62% dengan kriteria baik. Pada siklus kedua cinta tanah air siswa mendapatkan presentase 86% dengan kriteria sangat baik. Pada siklus pertama prestasi belajar siswa mendapatkan presentase 61,90%. Pada siklus kedua prestasi belajar siswa mendapatkan presentase 85,71%. Dari hasil penelitian ini adalah model pembelajaran Open Ended Problems berbantuan media AudioVisual dapat meningkatkan cinta tanah air dan prestasi belajar IPS di kelas V SDN Kebonsari 01 Dempet. Kata Kunci: Cinta Tanah Air, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Open Ended Problems, media Audio Visual 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung