DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA VISUAL KELAS V SDN BANGETAYU KULON
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Maulidah, Zulfa
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-01-19 04:47:04 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan rasa ingin tahu dan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media visual kelas V SDN Bangetayu Kulon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 43 siswa. Teknik penilaian data menggunakan observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rasa ingin tahu dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh persentase klasikal 79,06% dan pada siklus I kriteria rasa ingin tahu belum memenuhi indikator pencapaian. Pada siklus II meningkat mencapai kriteria sangat baik dengan persentase klasikal 93,01%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 79,02 dengan persentase ketuntasan klasikal 72,09% meningkat ke siklus II dengan nilai rata-rata 88,55 dan persentase ketuntasan klasikal 88,37% berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media visual dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar Pkn kelas V SDN Bangetayu Kulon. Kata Kunci : Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung