Abstract :
Tari Kreasi SASAMBO adalah tarian kreasi terbaru yang memadukan
antara tradisi dan modern dan tentu saja berbeda dengan tarian SASAMBO yang
sudah ada terlebih dahulu. Tari kreasi SASAMBO ini masih terdengar asing oleh
masyarakat atau khalayak ramai dikarenakan kurangnya media promosi pada
sekolah nonformal ini dalam mempromosikan tari ciptaannya. Oleh karena itu
penulis membuat sebuah aplikasi tarian 3D berbasis Augmented Reality yang
nantinya akan di pergunakan oleh Sanggar Seni Mahardika NTB sebagai media
bantu dalam mempromosikan Tari Kreasi SASAMBO.
Metodologi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah
metode pengembangan Luther Sutopo. Dimana metode ini terdiri dari 6 (Enam)
tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution.
Untuk pembuatan rancangan ini menggunakan software Blender, Adobe Illustrator,
Unity 3D, dan Vuforia SDK. Aplikasi Pengenalan Tarian Kreasi SASAMBO
berbasis Augmented Reality ini penulis lakukan melalui media sosial seperti
Whatssap dan sosial media lainnya yang penulis lakukan bersama Ketua Sanggar
dan Koreografer atau pencipta Tari Kreasi SASAMBO. Dari Ketua Sanggar dan
Pencipta Tari Kreasi SASAMBO meneruskan sekaligus mempromosikan aplikasi
tersebut di atas kepada para siswanya yang dilanjutkan ke teman-teman sekitar yang
dapat membantu promosi tari tersebut melalui aplikasi di atas.
Hasil yang dikeluarkan dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat
menampilkan objek Tarian 3D sebagai media promosi berbasis Augmented Reality,
di mana diharapkan dapat membantu para pengguna untuk mengenal Tari Kreasi
SASAMBO pada Sanggar Seni Mahardika.
Adapun uji coba perhitungan menggunakan Skala Likert sebagai acuan
dalam memperoleh hasil uji coba responden dengan mengambil sampel 32
responden dalam melakukan pengujian aplikasi. Hasil nilai yang didapatkan dari
perhitungan adalah 88%, maka dapat disimpulkan bahwa dari 32 responden yang
melakukan pengisian kuisioner “SANGAT SETUJU†dengan adanya aplikasi ini
yang nantinya akan dijadikan sebagai media tontonan atau pelajaran untuk kalangan
umum.
Kata Kunci : Tari, AR, Blender, 3D