Abstract :
ABSTRAK
Hadi Restu Fauzi. Analisis Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Trans Patriot
Subsidi Dan Non Subsidi Sebagai Jasa Transportasi Publik Di Kota Bekasi (Studi Kasus
Trans Patriot Koridor 1 Dan Koridor 3). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan
Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bus Trans Patriot subsidi dan non
subsidi pada koridor 1 dan koridor 3 berdasarkan Standar Pelayanan Minimal. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei. Populasi dalam
penelitian ini adalah pengguna yang menggunakan Trans Patriot subsidi dan non subsidi.
Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengambilan
sampel adalah Accidental Random Sampling, dengan menggunkan media berupa aplikasi
google forms yang disebarkan melalui media sosial kepada pengguna Trans Patriot subsidi dan
non subsidi pada koridor 1 dan koridor 3 yang berjumlah 96 responden dimana jumlah
responden tersebut dibagi menjadi dua yaitu, 48 responden pada koridor 1 dan 48 responden
pada koridor3.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengguna Trans Patriot koridor 1 adalah para mahasiswa
dimana terdapat stasiun kereta api yang menjadi transportasi lanjutan untuk mereka, lalu untuk
koridor 3 jenis pekerjaan respondennya ialah pegawai swasta dimana terdapat banyak
perkantoran. Berdasarkan indikator keamanan. Secara keseluruhan indikator keamanan pada
Bus Trans Patriot koridor 1 dan 3 sudah terpenuhi akan tetapi masih kurangnya Control oleh
para petugas membuat sub indikator keamananan berupa tempat menunggu bus, menjadi
tempat yang cenderung tidak aman dan tidak layak karena semakin hari semakin banyak
kerusakan yang terjadi. Minimnya fasilitas keamanan berupa CCTV dan tidak ada petugas
penjaga di tempat menunggu bus membuat tempat menunggu bus menjadi tidak aman bagi
para pengguna. Berdasarkan indikator keselamatan Secara keseluruhan indikator kesalamatan
pada Bus Trans Patriot koridor 1 dan 3 banyak yang sudah terpenuhi akan tetapi masih ada sub
indikator yang belum terpenuhi seperti penyediaan P3K pada setiap bus dan masih adanya
pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi. Berdasarkan indikator kenyamanan secara
keseluruhan sudah diterapkan sesuai standar, lalu untuk indikator kesetaran secara keseluruhan
sudah diterapkan sesuai standar, dan berdasarkan indikator keteraturan belum sepenuhnya
menerapkan standar seperti tidak adanya layar LED untuk memberikan informasi dan waktu
tunggu bus atau headway yang tidak sesuai standard, berdasarkan indikator keterjangkauan
pada koridor 1 harga tiket sudah terjangkau tetapi untuk koridor 3 harga tiket tidak terjangkau
karena belum termasuk tiket transit.
Kata kunci: Pelaksanaan, Standar Pelayanan Minimal, Transportasi Publik.
ABSTRACT
Hadi Restu Fauzi. Analysis Of The Standard Of Service Implementation Of Minimal Trans
Patriot Subsidies And Non Subsidies As Public Transportation Services In Bekasi City
(Cases Studies Trans Patriot Corridor 1 And Corridor 3). Thesis. Jakarta: Geography
Education Study Program, Faculty Of Social Sciences, State University Of Jakarta. 2020.
This study aims to determine the implementation of subsidized and non-subsidized Trans
Patriot buses in corridor 1 and corridor 3 based on Minimum Service Standards. The research
method used is a descriptive method with a survey approach. The population in this study were
users who used subsidized and non-subsidized Trans Patriot. The analysis technique in this
research uses descriptive analysis. The sampling technique is Accidental Random Sampling,
using media in the form of a google form application which is distributed through social media
to subsidized and non-subsidized Trans Patriot users in corridor 1 and corridor 3, totaling 96
respondents, where the number of respondents is divided into two, namely, 48 respondents on
corridor 1 and 48 respondents on corridor3.
The results showed that users of Trans Patriot Corridor 1 are the students where there is a
train station that is a continuation of transportation for them, then for the Corridor 3 the type
of response work is a private employee where there are many offices. Berbased indicator
toamanan. Overall the indicator toaManan on Bus Trans Patriot Corridor 1 and 3 is fulfilled
but still lack of COntrol by the officers making the sub indicator toaMananan the form of
waiting for the Bus, to be a place that tends to be unsafe and not feasible because the more
days the more damage that occurs. Thehost is a security facility in THE form of CCTV and no
guard officers at the waiting for the bus make the bus waiting place to be unsafe for the
users. Based on the overall safety indicator indicators of the validity of Trans Patriot Bus
corridors 1 and 3 many have been fulfilled but there are still sub indIthat have not yet been
fulfilled like the provideran P3K on every Bus and there is still