Abstract :
ABSTRAK
Anggreani, Dwi. 2020. Pengaruh Permainan Temukan Lalu Ceritaka Terhadap
Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Al-
Falah Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia
Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr.
Mohamad Muspawi, S.Pd.I., M.Pd.I. (II) Dr. Dra Hj. Irma Suryani, M.Pd
Kata kunci : Permainan Temukan Lalu Ceritakan, Kemampuan Mengungkapkan
Bahasa, Anak Usia 5-6 tahun
Hasil pengamatan yang didapatkan penulis di kelas B5 TK Islam Al-Falah Kota
Jambi pada anak usia 5-6 tahun di kelas B5 dari 16 orang anak ada 7 anak yang belum
berkembang secara optimal kemampuan mengungkapkan bahasanya. Adapun
permasalahan yang belum optimal yaitu, anak belum mampu menjawab pertanyaan-
pertanyaan yang diberikan guru dengan lebih komplek, belum mampu menyebutkan
kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh permainan temukan lalu
ceritakan terhadap kemampuan mengungkapkan bahasa pada anak usia 5-6 tahun di TK
Islam Al-Falah, Kota Jambi. Melalui permainan ini anak akan tertarik dan mampu
mengeluarkan pendapat mereka di depan teman-teman dan guru serta menerima
pendapat teman dan mampu berdiskusi dengan teman dan guru, sehingga
pembendaharaan kata anak dapat bertambah.
Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu metode penelitian kuantitatif
desain pre-eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Dalam metode ini
penulis melakukan dua kali tes kepada anak kelas B5 yaitu tes sebelum diberi tindakan
(pretest) dan tes setelah diberi tindakan (posttest). Penulis mengambil sampel dari
keseluruhan anak yang ada di kelas B5 di TK Islam Al-Falah Kota Jambi yang
berjumlah 16 orang anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Nonprobability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Dalam penelitian
ini, peneliti melakukan pretest menggunakan instrumen penelitian berupa lembar
observasi, kemudian peneliti memberikan perlakuan, dan memberikan posttest kembali
untuk melihat pengaruh penggunaan permainan temukan lalu ceritakan terhadap
kemampuan mengungkapkan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Falah Kota
Jambi. Setelah semua data didapatkan, data dianalisis dengan menggunakan rumus N-
gain dan untuk hipotesi dengan Uji Wolcoxon Match Pairs Test.
Hasil dari besar efektivitas permainan temukan lalu ceritakan menggunakan
rumus N-gain menunjukkan pasa kategori sedang (0,3 Ztabel).