Abstract :
UD. Ijen Batik Bondowoso merupakan perusahaan yang bergerak di bidang
produksi batik untuk wilayah Bondowoso dan sekitarnya bahkan sampai ke luar
Jawa dan luar negeri. Tingginya persaingan batik diindonesia membuat perusahaan
harus meningkatkan keunggulan kompetitif Untuk meningkatkan keunggulan yang
kompetitif UD. Ijen Batik perlu melakukan strategi. Tujuan penelitian ini untuk
menganalisis rantai nilai produk batik tulis yang ada di UD. Ijen Batik Bondowoso.
Analisis rantai nilai salah satu cara pandang suatu perusahaan sebagai rantai
aktivitas yang mengubah input menjadi output yang bernilai bagi pelanggan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data
yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku rantai nilai terdiri dari supplier,
perusahaan, wholeseller dan retail. Pada analisis nilai tambah yang dilakukan pada
saat produksi batik tulis menunjukkan nilai tambah sebesar 213.000,00 atau 81,3
%/per unit. Hal ini dikarenakan hasil nilai ambah yang tertinggi diperoleh dari
aktivitas penjualan dan pemasaran.
Kata Kunci : Analisis Rantai Nilai, Keunggulan Kompetitif.