Abstract :
Penurunan konsentrasi belajar dengan penggunaan gadget pada anak
memungkinkan dapat menyebabkan keadaan anak mengalami penurunan
konsentrasi belajar dan pada saat belajar anak menjadi tidak bisa fokus dan hanya
teringat untuk bermain gadget. Penelitian ini menggunakan desain Korelasional
dengan pendekatan Cross Sectional yang bertujuan untuk menganalisis hubungan
penurunan konsentrasi belajar dengan penggunaan gadget pada anak kelas 5 sd.
Populasi pada penelitian ini adalah anak kelas 5 SDN Silo 03 Kecamatan Silo
Kabupaten Jember sebanyak 45 responden. Tehnik Pengambilan sampel
menggunakan Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan
menggunakan uji statistik Spearman rho di dapatkan nilai nilai p Value adalah
0,103 dimana p Value > ? sehingga H1 tidak diterima yang berarti tidak ada
hubungan penurunan konsentrasi belajar dengan penggunaan gadget pada anak
kelas 5 di SDN Silo 03 jember. nilai koefisien korelasi sebesar -265 memiliki arah
negatif yang berarti bahwa tidak terdapat hubungan antara penurunan konsentrasi
belajar dengan penggunaan gadget pada anak kelas 5 di SDN Silo 03 jember.
Kesimpulan pada penelitian ini tidak terdapat Hubungan antara Penurunan
Konsentrasi Belajar Dengan Penggunaan Gadget Pada Anak Kelas 5 SD di SDN
Silo 03 Jember.