Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
NASTITI, AYU ENGGAR
KUSUMANINGTYAS, DIAN
DAMAYANTI, SUSI
Subject
574 Marketing
Datestamp
2023-08-04 12:39:14
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya review beberapa pelanggan di media
digital marketing yang terupload akan mengundang pelanggan untuk memberikan
asumsi pada layanan jasa seperti cuci dan sewa mobil di ?Rizky Shafira? Nganjuk
digunakan sebagai marketing online. Bagi pelanggan milenial sesuai yang viral
sering diunggah tak terkecuali tempat antrian dalam menunggu layanan.
Penelitian ini bertujuan membuktikan secara langsung maupun simultan
adanya pengaruh digital marketing, store atmosphere, dan kualitas layanan
terhadap kepuasan pelanggan yang menggunakan jasa cuci dan sewa di ?Rizky
Shafira? Nganjuk.
Peneliti menggunakan metode penelitian berbasis pendekatan kuantitatif
kausalitas dengan sampel yang diambil secara purposive sampling dari jumlah
pengguna selama periode juni 2022 - mei 2023 didapat sampel sejumlah 96 orang.
Alat penelitian menggunakan kuesioner skala likert dengan teknik analisis data
menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil peneliti membuktikan data empirik bahwa: 1) terbukti digital
marketing berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan di
?Rizky Shafira? Nganjuk dengan pencapaian maksimal pada tingginya indikator
website, 2) terbukti store atmosphere berpengaruh signifikan dan positif terhadap
kepuasan pelanggan di ?Rizky Shafira? Nganjuk dengan kategori store
atmosphere dengan tinggi pada aspek exterior general, maka meningkatkan
kepuasan pelanggan, 3) terbukti kualitas layanan berpengaruh signifikan dan
positif terhadap kepuasan pelanggan di ?Rizky Shafira? Nganjuk dengan
memaksimalkan aspek responsibility dan empaty dalam memberikan layanan
yang memuaskan pelanggan, serta 4) terbukti secara simultan digital marketing,
store atmosphere dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
pelanggan di ?Rizky Shafira? Nganjuk.
Kesimpulan penelitian ini, bukti sangat kuatnya peran strategi digital
marketing, store atmosphere dan kualitas layanan yang resposibel mampu
meningkatkan kepuasan pelanggan. Semakin baik pengalaman yang diterima
konsumen akan menstimulus konsumen menjadi pelanggan yang loyal.