PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA GERAI KECANTIKAN INDAH BEAUTY DI DESA BATUAJI KABUPATEN KEDIRI Total View This Week0
Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Fatmawati, Nurul AFANDI, TJETJEP YUSUF ARIFIN, ZAINAL
Subject
723 Economic education
Datestamp
2023-08-16 01:45:55
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa harga treatment pada gerai kecantikan Indah
Beauty di Desa Batuaji Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri ada selisih harga
pasaran yang lebih tinggi, hal tersebut menyebabkan konsumen berpikir ulang
untuk melakukan treatment kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
adanya pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen pada Gerai Kecantikan
Indah Beauty di Desa Batuaji Kabupaten Kediri dan mengetahui seberapa besar
kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Gerai Kecantikan Indah
Beauty di Desa Batuaji Kabupaten Kediri. Sampel pada penelitian ini adalah
konsumen Gerai Kecantikan Indah Beauty di Desa Batuaji Kabupaten Kediri.
Metode yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu memakai metode simple
random sampling dengan menggunakan rumus slovin sehingga mendapatkan
sampel berjumlah 86 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,
sedangkan teknik penelitian menggunakan metode kausalitas. Analisis pada
penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil perhitungan
penelitian ini menggunakan program SPSS versi 23 yang menunjukkan bahwa: 1)
harga secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen 2)
kualitas pelayanan secara parsial memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen
3) harga (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara simultan mempengaruhi
kepuasan konsumen. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
perusahaan seharusnya mempertimbangkan harga dan mempertahankan kualitas
pelayanan yang diberikan karena hal tersebut sangat mempengaruhi kepuasan
konsumen.