Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Lailimuniffah, Saiyyidatul
SAHARI, SUTRISNO
SAIDAH, KARIMATUS
Subject
793 PGSD
Datestamp
2023-09-27 14:18:12
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan analisis kebutuhan siswa kelas
IV yang kurang memahami konsep hubungan sumber daya alam dengan
lingkungan disebabkam guru yang masih belum menggunaan bahan ajar berbasis
teknologi dala kegiatan belajar mengajar di kelas.
Rumusan masalah yang dikembangkan yaitu Bagaimana kevalidan,
kepraktisan respon guru, dan keefektivan penggunaan bahan ajar Articulate
Storyline berbasis Creative Problem Solving pada materi hubungan sumber daya
alam dengan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui validitas,
kepraktisan, dan keefektivan bahan ajar yang telah dikembangkan oleh peneliti.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Developmen (RnD)
dengan model ADDIE (Analyze, Design, Developmen, Implementation, dan
Evaluation). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV SD Negeri 4
Mojoroto Kota Kediri. Instrument yang digunakan pada penelitian ini ada dua
yaitu menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk mengetahui
kevalidan bahan ajar Articulate Storyline, materi pada bahan ajar Articulate
Storyline, kepraktisan respon guru. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahui
efektifitas bahan ajar Articulate Storyline.
Hasil dari penelitian pengembangan bahan ajar Articulate Storyline
berbasis Creative Problem Solving adalah sebagai berikut: (1) Hasil validitas
bahan ajar Articulate Storyline didapatkan presentase 87% sangat valid. (2) Hasil
angket kepraktisan respon guru didapatkan persentase 92,5% dinyatakan sangat
praktis. (3) Hasil Efektivitas bahan ajar Articulate Storyline dari nilai post test
dengan rata-rata nilai siswa 89,4 dengan interval kepercayaan mencapai 95%.