Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Sari, Hesti Novita
IMRON, ILMAWATI FAHMI
LAILA, ALFI
Subject
131 Astronomy
Datestamp
2023-09-27 13:20:20
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil angket need assessment yang telah
diberikan kepada guru pada tanggal 2 juni 2022 menunjukkan bahwa terjadi
beberapa permasalahan pada materi berbagai bidang pekerjaan dan minimnya
media pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui
kevalidan media Card Match Circle dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial
kelas IV SDN Jambi, (2) Mengetahui keefektifan media Card Match Circle dalam
pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV SDN Jambi, (3) Mengetahui
kepraktisan media Card Match Circle dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial
kelas IV SDN Jambi.Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media
pembelajaran CMC (card match circle) mapel IPS untuk meningkatkan
kemampuan mengidentifikasi berbagai macam kegiatan ekonomi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan model
ADDIE yang terdiri dari tahapan (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4)
Implementation, dan (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa skala likert. Sumber
data kevalidan diperoleh dari angket ahli pembelajaran, ahli konstruksi media dan
ahli materi dalam media. Sumber data keefektifan diperoleh dari hasil evaluasi yang
dibandingkan dengan KKM kemudian dicari ketuntasan klasikal, dan respon
terhadap media diperoleh dari angket respon guru dan siswa.
Hasil penelitian pengembangan media Card Match Circle sebagai berikut.
(1) media Card Match Circle dinyatakan sangat valid dan baik digunakan dengan
presentase skor dari validasi pembelajaran memperoleh skor 85%, validasi media
memperoleh skor 90% dan validasi materi serta RPP pembelajaran memperoleh
skor 95,5 % yang artinya masuk dalam kategori sangat valid (2) Hasil keefektifan
media Card Match Circle pada uji terbatas memperoleh skor rata-rata sebesar 90
dan pada uji luas skor rata-rata sebesar 92,5 % yang artinya media masuk dalam
kategori sangat efektif (3) Hasil respon guru terhadap media Card Match 92% dan
respon siswa sebesar 94,5% yang artinya masuk dalam kategori sangat praktis
digunakan dalam pembelajaran materi berbagai bidang pekerjaan.