Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Den Ayu Putri, Pandan Sari
ITA KURNIA, ITA KURNIA
NURITA, PRIMASATYA
Subject
610 Social sciences
Datestamp
2023-08-11 13:37:44
Abstract :
Media TikTok merupakan salah satu inovasi metode pembelajaran yang dinilai modern adalah kolaborasi
antara strategi yang diimplementasikan oleh guru dengan informasi dan teknologi digital. Media TikTok dapat
meningkatkan motivasi belajarnya sehingga bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keragaman
budaya Indonesia dan mengetahui hasil upaya peningkatan belajar siswa kelas V SD Lirboyo 2. Penelitian ini
menggunakan metode penjabaran data secara deskriptif kualitatif dengan terori Kurt Lewin yang mana terdiri
dari empat tahapan dan dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) siswa memahami penerapan aplikasi
TikTok dalam materi keragaman budaya Indonesia 2) siswa menunjukan peningkatan hasil belajar materi
keragaman budaya Indonesia berdasarkan implementasi dari TikTok. Dari kedua hasil itu menunjukan
peningkatan nilai sebanyak 8,68 poin. Hasil ini juga menunjukkan adanya peningkatan rasa cinta tanah air dan
budaya Indonesia pada siswa SD Lirboyo 2. Implementasi media pembelajaran. Melalui penelitian ini, peneliti
mendorong pendidik atau guru agar mampu berinovasi menggunakan kemudahan teknologi untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: TikTok; hasil belajar; keragaman budaya.