Institusion
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author
Firulla, Adinda Rizky Ega
SOEPRAJITNO, EDY DJOKO
WIDODO, MOCH WAHYU
Subject
560 Economics
Datestamp
2023-08-07 15:13:17
Abstract :
Penelitianinidilatarbelakangiolehmakinmaraknyae-commerce yang ada di
Indonesia menjadikanpersainganantara marketplace
semakinketat.Shopeemendudukiperingkatkeduae-commerce di tahun 2022
denganjumlahpenggunasebanyak 131,3jutalebih yang
memanfaatkanmarketplaceShopee.
Sebelummelakukantransaksikonsumenmemilikibeberapapertimbanganbaikdariseg
iharga, kualitasproduknyadan yang
biasanyamenjadiperhatiankonsumenadalahpromosi yang ditawarkan.
Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah
(1)apakahkualitasprodukberpengaruhsignifikanterhadapkeputusanpembelianmark
etplaceShopee?(2)
apakahkualitasprodukberpengaruhsignifikanterhadapkeputusanpembelianmarketpl
aceShopee?(1)
apakahkualitasprodukberpengaruhsignifikanterhadapkeputusanpembelianmarketpl
aceShopee?(1)
apakahkualitasprodukberpengaruhsignifikanterhadapkeputusanpembelianmarketpl
aceShopee?
Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatif,
denganteknikkuasalitas.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhmahasiswaUnive
rsitas Nusantara PGRI Kediri FakultasEkonomi Program StudiManajementahun
2023.Denganteknik purposive sampling diperolehsampelsebanyak 100
mahasiswa.Instrumenpenelitianinimenggunakanangket.Analisis data
dalampenelitianinimenggunakanregresi linier
berganda.Sebelummelakukanujiregresiberganda data
haruslolosujiprasayaratanalisis (asumsiklasik).
Dari hasilpengujianhipotesisdapatdisimpulkanbahwa: (1)
KualitasprodukberpengaruhsignifikanterhadapkeputusanpembelianmarketplaceSh
opee, denganbesarnyapengaruhsebesar 30,8%. (2)
HargaberpengaruhsignifikanterhadapkeputusanpembelianmarketplaceShopee,
denganbesarnyapengaruhsebesar 38,4%. (3)
PromosiberpengaruhsignifikanterhadapkeputusanpembelianmarketplaceShopee,
denganbesarnyapengaruhsebesar 29,6%. (4) Kualitasproduk, harga,
danpromosiberpengaruhsignifikansecarabersamasamaterhadapkeputusanpembelianmarketplaceShopee,
denganbesarnyapengaruhsebesar 65%.