Abstract :
Penelitian ini bertujuanuntukmenjelaskan pengaruh model pembelajaran
problem solving terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada konsep
pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 5 Poso.Jenis penelitian ini
menggunakan pre eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah
12 orang. Sampel penelitian ini menggunakan total sampling yaitu 12 orang
siswa. Analisis data penelitianini menggunakan rumus uji t.
Temuanhasilpenelitiandiperolehkemampuan berpikir kreatif siswa
berbeda-beda, dari 12 orang siswa terdapat 2 orang siswa dengan kategori berpikir
kreatif, 6 orang siswa dengan kategori berpikir cukup kreatif dan 4 orang siswa
berada pada kategori kurang kreatif.Secara keseluruhan siswa berada pada
kategori cukup kreatif selain itu nilai thitung>ttabel yaitu 8,718 > 1,734, sehingga H0
ditolak dan menerima Ha. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa
pada konsep pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 5 Poso.