Institusion
Universitas Sriwijaya
Author
SAPUTRA, R. ADITYA HENDRA
Dewi, Ratna
Hadinata, Febrian
Subject
TC1-978 Hydraulic engineering
Datestamp
2023-05-09 03:36:34
Abstract :
Kendala yang sering dihadapi pada bendungan jenis urugan homogen
pada tanggul adalah adanya rembesan yang melalui tubuh tanggul tersebut.
Konduktivitas hidrolik tanah pada tanggul digunakan untuk menghitung
parameter yang berhubungan dengan kemampuan bendungan, termasuk laju
rembesan dan jumlah rembesan, tekanan air pori, serta keadaan dan tegangan efektif.
Nilai variabel ketinggian muka tailing dan perbedaan dimensi tanggul tiap
tambang PT Freeport Indonesia mengakibatkan variasi nilai tekanan air pori yang
memungkinkan teijadinya kegagalan konstruksi tanggul. Oleh karena itu penting
sekali mempelajari secara lebih seksama untuk menganalisa tekanan air pori pada
tanggul.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tekanan air pori pada tanggul
barat sisa tambang atau west leeve PT Freeport Indonesia. Data penelitian merupakan
data sekunder berupa hasil pengujian penetrasi standar (SPT) di sepanjang tanggul
barat (west leeve), data dimensi tanggul, serta data ketinggian muka tailing. Analisis
tekanan air pori didapatkan dengan program SEEP/W berdasarkan nilai
konduktivitas hidrolik yang bervariasi pada tanggul. Setelah mendapatan nilai hasil
output berupa tekanan air pori, data disajikan dalam bentuk grafik dan tabel dan
diolah secara statistik untuk menampilkan nilai maksimum dan nilai minimum tiap
atau
semua
zona sisa
zona.
Nilai tekanan air pori pada setiap tanggul berbeda-beda hal ini disebabkan
oleh dimensi tanggul dan tinggi permukaan air yang berbeda. Jadi semakin tinggi
tanggul, dengan kondisi tailing maksimum, dan ditinjau dari titik tengah terendah
ketinggian tanggul didapatkan nilai terbesar tekanan air pori positif. Tekanan air
pori tersebut dapat digunakan sebagai parameter dalam menentukan kestabilan
lereng.