Institusion
Universitas Sriwijaya
Author
PERMATASARI, INTAN
Koryati, Dewi
Subject
L7-991 Education (General)
Datestamp
2023-05-25 03:13:44
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar mahasiswa
Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Metode penelitian yang digunakan
didalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan berupa angket. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan
teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dari 196 mahasiswa
0Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya angkatan 2020-2022 yang diberikan
angket, diperoleh bahwa secara keseluruhan kemandirian belajar mahasiswa
Pendidikan Ekonomi di era new normal melalui pembelajaran hybrid learning
terdapat 35,20% mahasiswa yang tergolong dalam kategori Sangat Baik sebanyak
69 mahasiswa, 59,18% tergolong dalam kategori Baik sebanyak 116 mahasiswa,
dan 5,61% sisanya Tergolong dalam kategori Cukup Baik sebanyak 11
mahasiswa. Berikut juga untuk hasil indikator memeriksa keperluan belajar
memperoleh hasil (20,00%), indikator mempunyai kepercayaan terhadap diri
sendiri memperoleh hasil (17,14%), indikator memilih dan menerapkan strategi
belajar memperoleh hasil (20,00%), indikator menetapkan tujuan dalam belajar
memperoleh hasil (22,86%), indikator evaluasi kegiatan dan hasil belajar
memperoleh hasil ( 20,00%).sehingga dapat dilihat bahwa indikator yang lebih
dominan adalah indikator menetapkan tujuan dalam belajar.
Kata kunci: Kemandirian belajar, Hybrid Learning.