DETAIL DOCUMENT
PENGARUH AKTIVITAS PENGAJIAN TERHADAP ASPEK-ASPEK PSIKORELIGIUS REMAJA DESA. MULYOAGUNG. SINGGAHAN. TUBAN.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
MOHAMAD NUR AMINUDIN (STUDENT ID : 201655010104159)
Yogi Prana Izza (LECTURER ID : 0712317601)
Subject
297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai 
Datestamp
2022-05-25 04:07:34 
Abstract :
Penelitian ini berawal dari fenomena yang terjadi di Desa Mulyoagung Kecamatan Singgahan, bahwa di Desa tersebut melaksanakan kegiatan pengajian remaja dengan harapan sebagai pembinaan terhadap etika atau akhlak para remaja dalam bermasyarakat, akan tetapi di sisi lain, aktivitas remaja dalam mengikuti pengajian tidak berdampak pada etika remaja di masyarakat. Hal ini terlihat dari sebagian remaja masih ada yang berprilaku tidak sesuai aturan bermasyarakat. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui tingkat aktivitas pengajian terhadap aspek- aspek psikoreligius remaja di Dusun Banyubang Desa Mulyoagung Kecamatan Singghan Kabupaten Tuban. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah : 1. Bagaimana aktifitas pengajian dikalangan remaja Dusun Banyubang Desa Mulyoagung Kecamatan Singgahan Kabupate Tuban. 2. Adakah aspek psikoreligius dari dampak aktivitas pengajian bagi remaja Dusun Banyubang Desa Mulyoagung Kecamatan Singghan Kabupaten Tuban.3. adakah pengaruh aspek-aspek psikoreligius remaja dalam aktivitas penagajian terhadap perilaku sehari-hari remaja Dusun Banyubang Desa Mulyoagung Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan metode kuonsioner atau angket dengan teknik korelasional. Subyek penelitian sebanyak 30 remaja Dusun Banyubang, menggunakan random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket , dokumentasi, observsi dan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan analisis statistik product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat aktivitas pengajian remaja Di Dusun Banyubang Dusun Mulyoagung Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban, tergolong tinggi sebanyak 46,7% ( sebanyak 14 remaja ). Sedangkan aspek-aspek psikoreligius remaja sebagian besar tergolong dalam kategori tinggi yaitu 53,3% ( sebanyak 16 remaja). Ada hubungan positif yang signifikan antara aktifias pengajian dan aspek psikoreligius remaja. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh dari angket, atau diananlisis menggunakan product moment diperoleh nilai rxy sebesar 0,663, pada taraf signifikan antara aktivitas pengajian dan aspek psikoreligius di Dusun Banyubang Desa Mulyoagung Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri