Abstract :
Rumah Sakit dan penduduk di Indonesia pada saat ini mengalami
pertumbuhan yang begitu cepat. Maka dari itu manajer pemasaran perlu
mengidentifikasi karakteristik konsumennya agar mendapat gambaran dalam
menggaet konsumen untuk meningkatkan kunjungan pasien. Tujuan penulisan
literature review ini adalah mendeskripsikan gambaran segmentation, targeting dan
positioning di Rumah Sakit.
Penelitian menggunakan metode traditional literature review. Sumber data
yang digunakan berasal dari database google scholar dan portal garuda dengan
rentang tahun 2016-2021. Kata kunci yang digunakan ?Segmentation/segmentasi di
Rumah Sakit?, ?Targeting/Target di Rumah Sakit? dan ?Positioning di Rumah
Sakit?. Setelah dilakukan screening, didapatkan 14 artikel yang relevan dan
menjadi bahan rujukan dalam penelitian ini.
Hasil literature review menunjukkan bahwa dalam mendeskripsikan
gambaran segmentation sebagian besar menggunakan pendekatan geografi,
demografi, psikografi. Pada gambaran targeting, Rumah Sakit pemerintah dan
swasta menetapkan target pasar hanya berdasarkan segmentation saja. Rumah Sakit
pemerintah dan swasta dalam mendeskripsikan gambaran positioning sebagian
besar melihat berdasarkan pesaing.
Simpulan literature review ini bahwa Rumah Sakit pemerintah dan swasta
dalam mendeskripsikan gambaran segmentation, targeting dan positioning belum
menggunakan seluruh pendekatan/kriteria yang ada. Oleh karena itu, manajemen
pemasaran RS perlu membentuk tim dan membuat jadwal agar terorganisasi dan
mendapatkan hasil yang maksimal.