Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas, pelayanan, dan
keduanya secara simultan terhadap loyalitas pasien di poliklinik kesehatan
koperasi PLN Batam. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif
dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 148 pasien yang berkunjung ke
Klinik Kesehatan Koperasi Pegawai Perusahaan Listrik Negara Kota Batam.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kualitas data,
uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis yang akan dibantu dengan aplikasi
SPSS versi 25. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Variabel fasilitas
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien pada klinik kesehatan
koperasi pegawai PLN Batam. Semakin lengkap fasilitas yang diberikan berarti
pasien yang setia akan memeriksakan diri, (2) Variabel pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien pada klinik kesehatan koperasi
pegawai PT PLN Batam. Semakin besar peluang indikator pelayanan maka pasien
akan loyal berkunjung atau kontrol kesehatan, dan (3) Variabel pelayanan dan
fasilitas secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas
pasien pada klinik kesehatan koperasi pegawai PLN Batam.