Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan game augmented reality berbasis
android sebagai pembelajaran kedisiplinan anak Indonesia menggunakan unity 3D.
Game edukasi kedisiplinan menggunakan unity 3d ini diharapkan dapat menjadi
sumber belajar tentang kedisiplinan pada kalangan rumah, sekolah, maupun tempat
umum. Dalam merancang game ini menggunakan pendekatan Multimedia
Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahap yaitu concept
(pengonsepan), design (pendesainan), material collecting (pengumpulan materi),
assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian).
Keenam tahap tidak wajib beruturan, tahap tersebut diperbolehkan saling bertukar
posisi. Meskipun demikian, tahan konsep wajib menjadi hal yang pertama
dikerjakan. Hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan Alpha test. Hasil
penelitian ini menunjukan Game Edukasi menggunkan Unity 3D kedisiplinan anak
usiap tahapan sekolah menengah pertama (SMP) sebagai sumber belajar
kedisiplinan pada anak di kalangan rumah, sekolah, dan tempat umum diharapkan
dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam berperilaku disiplin.