Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan promosi
terhadap kepuasan pelanggan pada PT Advance Chemical Treatment Batam.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan
diperoleh sampel sebanyak 100 sampel dengan menggunakan rumus slovin. Dan
dalam pengolahan data menggunakan SPSS versi 26. Data hasil uji T pada
penelitian ini menunjukkan variabel Kualitas Pelayanan (X-1) memiliki nilai t
(7,255) > ttabel (1,66055) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti H0
ditolak . Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT
Advance Chemical Treatment Batam. Dan Variabel Promosi (X2) memiliki nilai t
(7,939) > ttabel (1,66055) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti Ho
ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa promosi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Advance Chemical Pengobatan
Batam. Sedangkan hasil uji F menunjukkan fhitung (159,650) > fttabel (3,09)
dengan nilai signifikansi 0,000 dan atau < 0,05 yang berarti signifikan. Sehingga
dapat disimpulkan variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan Promosi (X2)
berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan
(Y) pada PT Advance Chemical Treatment Batam.