Abstract :
Pada perekonomian Indonesia, perbankan berperan penting dalam meningkatkan
ekonomi Indonesia. Hal ini berakibat pada ketatnya persaingan pada dunia
perbankan, yang menuntut agar pihak perbankan bisa beradaptasi dan mampu
bersaing secara kompetitif dalam menarik perhatian nasabah untuk berinvestasi
dan mempertahankannya agar menjadi pelanggan yang loyal. Bank merupakan
salah satu penyedia jasa keuangan sebagaimana fungsinya yaitu mengumpulkan
dana masyarakat baik dalam bentuk tabungan, deposito, atau bentuk lainnya dan
menyalurkannya kepada pihak lain dalam bentuk pinjaman atau pembiayaan
lainnya. Pada negara Indonesia, terdapat banyak sekali bank. Salah satunya adalah
PT Bank CIMB Niaga yang berdiri pertama kali pada 26 September 1955 di Ibu
Kota Indonesia Jakarta. Penulis akan membahas Bank CIMB Niaga Lumbung
Rezeki yang berlokasi pada Komplek Lumbung Rezeki Blok G No 6-8, Jalan
Sultan A Rahman, Batam. Pada Bank CIMB Niaga mengalami penurunan
kepuasan nasabah yang diakibatkan oleh kualitas produk dan kualitas pelayanan
yang kurang. Populasi yang diambil oleh peneliti adalah seluruh nasabah yang ada
pada PT Bank CIMB Niaga berjumlah 1181 pelanggan. Teknik pengambilan
sampel yang telah ditetapkan adalah teknik simple random sampling dan
menggunakan rumus slovin sehingga mendapatkan 298 responden. Berdasarkan
hasil pengujian menyatakan secara simultan kualitas produk dan kualitas
pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.