Abstract :
Menjamurnya perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang internet dan TV kabel
serta sejenisnya tersebut menghasilkan persaingan yang sengit pula. Oleh sebab itu
banysak sekali perusahaan yang menawarkan berbagai jenis pelayanan kepada
masyarakat guna mendapatkan pelanggan serta berusaha untuk mempertahankan
pelanggan tersebut. Dewasa ini, perusahaan tidak bisa hanya fokus dalam hal meraih
pelanggan sebanyak-banyaknya.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh
Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Pelanggan PT Supraprimatama Nusantara Cabang Batam. Perancangan penelitian ini
menggunakan desain penelitian dan metode penelitian kausalitas kuantitatif. Teknik
pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 172 Pelanggan PT
Supraprimatama Nusantara Cabang Batam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Customer Relationship Management (X1), Kualitas Pelayanan (X2) secara parsial
dan simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Hasil uji
koefisien determinasi menunjukkan bahwa Customer Relationship Management (X1),
Kualitas Pelayanan (X2) memengaruhi Kepuasan Pelanggan (Y) sebesar 72,9 persen,
sedangkan sisanya sebesar 27,1 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.