Abstract :
Menurut penelitian sebelumnya, ada dua faktor utama yang berpotensi
mempengaruhi kepuasan pelanggan, yaitu: kualitas pelayanan dan kualitas produk.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (X1) dan
kualitas produk (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada PT Focus Telesindo
Utama dengan menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah responden 110
orang. Kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data. Uji Regresi
Berganda digunakan dalam penelitian ini. Uji statistik telah dilakukan untuk
mengkonfirmasi validitas dan reliabilitas variabel penelitian. Berdasarkan hasil
regresi dan nilai R-Square diperoleh kesimpulan bahwa kualitas pelayanan (X1)
dan kualitas produk (X2) berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen (Y).
Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan (Y). Terakhir, dengan menggunakan uji-F dapat disimpulkan
bahwa kualitas pelayanan (X1) dan kualitas produk (X2) secara simultan juga
berpengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan karena F-hitung lebih besar
dari F-tabel.