Abstract :
Di era globalisasi yang semakin berkembang, membuat banyak orang terus
bersaing menggunakan teknologi untuk meningkatkan serta melancarkan sistem
informasi. Hal yang paling mencolok dengan adanya pekembangan teknologi
tersebut yaitu kecenderungan dalam melakukan aktivitas di dunia maya, misalnya
dengan berbelanja secara online ataupun yang dikenal dengan online shopping.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan kualitas
pelayanan terhadap keputusan pembelian produk pakaian secara online di kota
Batam melalui metode penelitian kuantitatif, Sampel diambil dengan teknik non
probability sampling yaitu teknik penetapan sampel secara kebetulan. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner kepada
responden dengan bantuan google forms. Metode analisis data pada penelitian ini
menggunakan analisis deskriptif, uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik,
analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis (uji t dan uji f). Hasil dari
penelitian ini membuktikan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan pada
keputusan pembelian, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian, kualitas produk serta kualitas pelayanan berpengaruh
signifikan secara simultan pada keputusan pembelian produk pakaian secara
online pada Shopee. Hasil uji koefisien determinasi menyatakan keterkaitan antara
kualitas produk dan kualitas pelayanan mempengaruhi keputusan pembelian
sebesar 73,7%, sedangkan 26,3% sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak
termasuk dalam penelitian ini.