Abstract :
Pengembangan perangkat lunak semakin mudah dijangkau dengan adanya
aplikasi Integrated Development Envoriment seperti Visual Studio, Netbeans,
Delphi, dan IDE lainnya. Pengembangan video game saat ini semakin mudah
diakses, game engine seperti Unity Engine dan Unreal Engine memberikan
kesempatan kepada calon pengembang untuk mencoba merancang video game
sendiri. Meskipun peluang telah diberikan kepada orang awam, masih sedikit
yang tertarik untuk mencoba merancang permainannya sendiri. Proses
perancangan meliputi penggunaan aset dan pemograman pada game engine Godot
Engine. Pembuatan aset menggunakan aplikasi lisensi gratis dan open-source.
Video game yang dirancang berjenis platformer. Tujuan penelitian meliputi
perancangan dan pembangunan video game menggunakan Godot Engine.
Pengembangan layaknya seperti pengembangan perangkat lunak biasa, yaitu
menggunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian yaitu video game berjudul
Bintang Kecil, dimana pemain mengendalikan karakter bernama Sang Pemimpi
untuk mengoleksi bintang-bintang yang bertebaran di tata surya yang sedang di
ambang kematian. Perancangan dan pengembangan dapat menggunakan Godot
Engine sebagai alternatif dari game engine yang lain. Godot Engine dipilih
dengan alasan agar tidak dikenakan biaya royalti. Aset dapat dibuat menggunakan
aplikasi gratis dan open-source agar perancangan tidak memerlukan biaya
pembelian aplikasi yang terlalu tinggi.