Abstract :
Lembaga keuangan yang hanya menerima simpanan dalam bentuk tabungan atau
deposito berjangka selanjutnya dana disalurkan kembali dengan sistem pinjaman
kredit investasi, kredit modal kerja serta kredit perdagangan biasanya dapat kita
sebut dengan Bank Perkreditan Rakyat. Perkreditan Rakyat memiliki tujuan utama
ialah memberikan pelayanan pada para usaha mikro, sedang dan juga menengah
serta untuk masyarakat sekitar. Untuk itu setiap perbankan dapat menarik nasabah
dengan berbagai cara, salah satu nya yaitu dengan kualitas pelayanan yang baik.
Faktor yang sangat penting yaitu tentang kualitas pelayanan karena kualitas
pelayanan dapat menarik nasabah dengan produk yang ditawarkan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Peusahaan
terhadap Kepuasan Nasabah PT BPR Kepri Batam. Perancangan penelitian ini
menggunakan desain penelitian dan metode penelitian kausalitas kuantitatif.
Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 165 nasabah PT
BPR Kepri Batam. Teknik analisis data menggunakan analisis validitas,
reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, analisis regresi linier,
uji t dan uji F melalui aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa Kualitas Pelayanan (X1), Citra Perusahaan (X2) secara parsial dan
simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Y). Hasil uji
koefisien determinasi menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan (X1), Citra
Perusahaan (X2) sebesar 87,6 persen, sedangkan sisanya sebesar 12,4 persen
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.